Rabu, 30 Januari 2013

SILABUS XI-2


SILABUS  DAN  SISTEM  PENILAIAN

Nama sekolah              : SMK Bina Mandiri Rembang
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Kelas/Program             : XI
Semester                      : 2 (dua)/
Standar Kompetensi    :5. Mampu mendengarkan dan memahani wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa.

Kompetensi Dasar

Materi   Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
(menit)
Sumber/
Bahan/Alat
5.1Mendengarkan kegiatan musyawarah  yang disampaikan melalui media elektronik

Pirembugan



Ø  Tatap Muka
  • Peserta didik mendengarkan rekaman musyawarah
  • Peserta didik menyebutkan tema musyawarah
  • Peserta didik secara terbuka, demokratis dan toleransi menerima atau menanggapi pendapat peserta didik yang lain
·         Peserta didik menuliskan pokok-pokok musyawarah
  • Peserta didik secara lisan mengajukan dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi musyawarah
  • Peserta didik yang ditunjuk secara acak menyimpulkan hasil musyawarah yang didengar dalam bentuk kritikan atau dukungan.
  • Peserta didik secara lisan menanggapi hasil simpulan musyawarah yang dikemukakan peserta didik yang lain.
  • Peserta didik secara terbuka, demokratis dan toleransi menyimpulkan hasil musyawarah.
  • Peserta didik menyampaikan secara lisan hasil musyawarah
  • Peserta didik mendengarkan penjelasan tentang suplemen materi mengenai widyamakna berkaitan dengan homonim, homofon dan homograf serta tembung camboran.
  • Peserta didik menjawab pertanyaan berkaitan dengan homonim, homofon dan homograf serta tembung camboran.

Ø  Penugasan Terstruktur
  • Guru memberi tugas kepada siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berupa soal uraian dan menjodohkan yang berkaitan dengan materi mendengarkan kegiatan musyawarah  yang disampaikan melalui media elektronik
  • Guru memberi tugas kepada siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berupa soal uraian dan menjodohkan yang berkaitan dengan homonim, homofon dan homograf serta tembung camboran.

Ø  Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur
  • Guru memberi tugas untuk mendengarkan kegiatan musyawarah secara langsung yang diadakan dilingkungan masyarakat masing-masing dengan batas waktu dua minggu.
·     Menyebutkan  tema/topik musyawarah
·     Merangkum hasil musyawarah dengan ragam krama
·     Menganggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan atau dukungan.

Jenis tagihan:
·     Tugas individu


Bentuk instrumen:
·     Lisan
·     Uraian bebas
·     Menjodohkan

2 X 45

Sumber
·      Buku Memetri Basa Jawa Kelas XI
·      Damar Kelas XI (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KOTA SEMARANG)
·      Rekaman musyawarah

Alat:
Laptop, LCD


                                            Kompetensi Dasar

Materi   Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
(menit)
Sumber/
Bahan/Alat
5.2 Mendengarkan tembang macapat yang disampaikan secara langsung atau rekaman










Tembang Macapat (Pariwisata)

























Ø  Tatap Muka
·      Peserta didik diminta untuk mendengarkan tiga tembang macapat
·      Peserta didik diminta menyebutkan jenis tembang macapat (Gambuh, Pocung atau Mijil)
·      Peserta didik yang disebutkan namanya memberikan pendapatnya secara komunikatif tentang ciri-ciri tembang macapat yang didengar.
·      Peserta didik mendengarkan kembali  rekaman tembang macapat yang telah ditentukan.
·      Peserta didik melakukan diskusi, menerima pendapat secara terbuka, demokratis dan toleransi dalam menentukan jenis tembang macapat Gambuh yang cakepannya telah diganti.
·      Peserta didik melakukan diskusi, menerima pendapat secara terbuka, demokratis dan toleransi dalam menentukan makna yang terkandung dalam tembang macapat yang didengar
·      Peserta didik secara bergantian tiap-tiap kelompok mengemukakan hasil diskusi.
·      Peserta didik mengajukan pertanyaan sebagai wujud rasa ingin tahu berkaitan dengan jenis dan makna tembang macapat  yang dikemukakan tiap-tiap kelompok tersebut.
·      Peserta didik menjawab secara lisan pertanyaan temannya secara komunikatif  berkaitan dengan tembang macapat  yang dikemukakan tiap-tiap kelompok tersebut.
·      Peserta didik secara individu rmenyampaikan secara lisan nilai-nilai moral yang terkandung dalam tembang macapat
·      Peserta didik memparafrasekan tembang macapat yang didengar

Ø  Penugasan Terstruktur

Ø  Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur


·     Menyebutkan ciri dari tembang macapat yang didengar.
·     Menyebutkan  jenis tembang macapat yang didengar
·     Mengungkapkan secara lisan makna yang terkandung dalam tembang macapat
·     Menyebutkan nilai-nilai moral yang terkandung dalam tembang macapat
·     Memparafrasekan tembang macapat yang didengar.






Jenis tagihan:
·     Tugas individu
·     Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·     Pertanyaan Lisan
·     Menjodohkan
·     Uraian bebas
·     Pilihan ganda









2 X 45




























Sumber:

·     Buku Memetri Basa Jawa Kelas XI
·     Damar Kelas XI (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KOTA SEMARANG)
·     Rekaman tembang macapat

Alat:
Laptop, LCD












Nama sekolah              : SMK Bina Mandiri Rembang
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Kelas/Program             : XI
Semester                      : 2 (dua) /
Standar Kompetensi    : 6.  Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa.

Kompetensi Dasar

Materi   Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
(menit)
Sumber/
Bahan/Alat
6.1 Membahas atau mendiskusikan isi tembang macapat

Tembang Macapat

Ø  Tatap Muka
·         Peserta didik menjawab pertanyaan berkaitan dengan  Sekar Dhandhanggula sebagai pembuka materi
·         Peserta didik  secara mandiri melantunkan tembang macapat Sekar Dhandhanggula Pelog Pathet Nem dengan tepat
·         Peserta didik memberikan penilaian terhadap peserta didik lain yang melantunkan tembang.
·         Peserta didik  melakukan diskusi, menerima pendapat secara terbuka, demokratis dan toleransi membahas  isi yang terkandung dalam tembang macapat
·         Peserta didik mengemukakan   isi yang terkandung dalam tembang macapat secara lisan
·         Peserta didik menanggapi isi yang terkandung dalam tembang macapat secara lisan
·         Peserta didik  menyebutkan watak tembang macapat yang dilantunkan  komunikatif
·         Peserta didik menanggapi pendapat peserta didik lain tentang watak yang terkandung dalam tembang macapat secara lisan
·         Peserta didik menyimpulkan isi dan watak tembang macapat
·         Peserta didik  bekerja keras  menyebutkan pitutur yang terkandung dalam tembang macapat yang dilantunkan
·         Peserta didik mendengarkan penjelasan materi suplemen mengenai paramasastra berkaitan dengan hipernim dan jenis-jenis klausa

Ø  Penugasan Terstruktur
·         Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan berkaiatan dengan tembang macapat berupa uraian dan menjodohkan.
·         Peserta didik menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan berkkaitan dengan  materi suplemen mengenai paramasastra berkaitan dengan hipernim dan jenis-jenis klausa
Ø  Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur
·         Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang tembang macapat secara berkelompok dengan merekam tembang yang dilantunkan sendiri serta hasil pembahasan isi, watak dan nilai-nilai yang terkandung dalam tembang  yang sedang dilantunkan.

·     Melantunkan tembang macapat dengan tepat
·     Memahami isi yang terkandung dalam tembang macapat
·     Menyebutkan watak tembang macapat yang dilantunkan
·     Menyebutkan pitutur yang terkandung dalam tembang macapat yang dilantunkan

Jenis tagihan:
·     Tugas individu
·     Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·     Lisan
·     Jawaban singkat
·     Menjodohkan
·     Uraian bebas
·     Pilihan ganda

4 X 45

Sumber:
·     www.setyawara.tk
·     Buku Memetri Basa Jawa Kelas XI
·     Damar Kelas XI (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KOTA SEMARANG)
·     Rekaman tembang macapat

Alat:
Laptop, LCD
















Nama sekolah              : SMK Bina Mandiri Rembang
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Kelas/Program             : XI
Semester                      : 2 (dua) /
Standar Kompetensi    : 7.Mampu membaca dan memahami  bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan  berbagai keterampilan dan teknik membaca.

Kompetensi Dasar

Materi   Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
(menit)
Sumber/
Bahan/Alat
7.1 Membaca nyaring wacana  pidato

Berita Kabudayan

Ø  Tatap Muka
  • Peserta didik membaca wacana pidato dalam ragam krama
  • Peserta didik menyebutkan tema pidato secara lisan menggunakan basa krama
  • Peserta didik menerima pendapat secara terbuka, demokratis dan toleransi tentang tema yang disampaikan peserta didik yang lain.
·         Peserta didik menemukan pokok-pokok isi pidato dalam ragam basa krama
·         Peserta didik memahami isi pokok naskah pidato
·         Peserta didik  membaca nyaring  naskah pidato
·         Peserta didik menyimak contoh pembacaan pidato dengan lafal, intonasi, dan irama yang sesuai
·         Peserta didik membaca kembali naskah pidato dengan lafal, intonasi, dan irama yang sesuai
·         Peserta didik yang lain memberikan penilaian  tentang pembacaan pidato berkaitan dengan lafal, intonasi, dan irama
·         Peserta didik mendengarkan penjelasan materi suplemen mengenai aksara jawa meliputi aksara rekan dan penulisan tembung andhahan menggunakan aksara Jawa.

Ø  Penugasan Terstruktur
  • Guru memberi tugas kepada siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi mendengarkan pidato berupa uraian dan menjodohkan
  • Guru memberi tugas kepada siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi suplemen mengenai aksara jawa meliputi aksara I rekan dan penulisan tembung andhahan menggunakan aksara Jawa.
Ø  Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur
  • Guru memberi tugas pada peserta didik secara individu untuk membaca pidato yang telah ditentukan(yang didownload dari www.yuyunsaja.blogspot.com), dan siswa yang lain menilai lafal, intonasi,irama beserta komentarnya kemudian hasilnya dikumpulkan pertemuan berikutnya.
·     Menemukan pokok-pokok isi pidato dalam  ragam tertentu  bahasa Jawa
·     Memahami isi pokok naskah pidato
·     Membacakan  naskah pidato dengan lafal, intonasi, dan irama yang sesuai

Jenis tagihan:
·     Tugas individu
·     Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·     Lisan
·     Menjodohkan
·     Uraian bebas

4 X 45
Sumber:
·     Buku Memetri Basa Jawa Kelas XI
·     Damar Kelas XI (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KOTA SEMARANG)
·     Kalawarti Panyebar Semangat


Alat:
Laptop, LCD


Kompetensi Dasar

Materi   Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
(menit)
Sumber/
Bahan/Alat
7.2 Nembang campursari
Nembang Campursari
Ø  Tatap Muka
·         Peserta didik diajak untuk bermain quiz tebak tembang yang memuat tembang-tembang campursari, dengan melanjutkan syair lagu yang dipenggal, menyebutkan judul dan penyanyinya untuk menarik perhatian.
·         Peserta didik menyebutkan tembang-tembang campursari yang didalamnya memuat parikan atau wangsalan
·         Peserta didik diminta untuk memperhatikan satu tembang yang telah ditentukan
·         Peserta didik diminta  untuk menyebutkan isi yang terkandung dalam tembang campursari.
·         Peserta didik secara mandiri menyebutkan isi yang terkandung dalam tembang campursari.
·         Peserta didik melakukan diskusi, menerima pendapat secara terbuka, demokratis dan toleransi  dalam menemukan pitutur atau amanat yang terkandung dalam tembang campursari
·         Peserta didik memberikan tanggapan tentang pendapat yang dikemukakan peserta didik yang lain secara lisan.
·         Peserta didik menyaksikan hasil karya putra bangsa berupa lagu campursari yang diminati di mancanegara.
·         Peserta didik melantunkan tembang campursari dengan baik secara bergantian
·         Peserta didik  memberikan penilaian terhadap peserta didik yang melantunkan tembang campursari.

Ø  Penugasan Terstruktur
·         Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menjawab pertanyaan berupa uraian dan diskusi kelompok.


Ø  Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur
·         Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang tembang campursari dengan mencari sebanyak-banyaknya contoh tembang campursari yang didalamnya memuat keindahan bahasa seperti gaya bahasa, parikan atau wangsalan.
·     Menyebutkan  isi yang terkandung dalam tembang campursari
·     Menemukan pitutur atau amanat yang terkandung dalam tembang campursari

·     Melantunkan tembang campursari dengan baik
Jenis tagihan:
·     Tugas individu
·     Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·     Jawaban singkat
·     Uraian bebas
·     Pilihan ganda

4 X 45
Sumber:
·     http://books.google.co.id
·     Buku Memetri Basa Jawa Kelas XI
·     Damar Kelas XI (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KOTA SEMARANG)
·     Rekaman Campursari

Alat:
Laptop, LCD






 














Nama sekolah              : SMK Bina Mandiri Rembang
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Kelas/Program             : XI
Semester                      : 2 (dua) /
Standar Kompetensi    : 8. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.

Kompetensi Dasar

Materi   Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
(menit)
Sumber/
Bahan/Alat
8.1 Menulis wacana persuasi dalam bentuk wacana pidato
Nulis naskah pidato
Ø  Tatap Muka
·         Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan secara lisan berkaitan dengan wacana persuasi
·         Peserta didik mendengarkan penjelasan tentang menulis wacana persuasi dalam bentuk wacana pidato.
·         Peserta didik menentukan tema wacana persuasi secara mandiri.
·         Peserta didik membuat  kerangka pidato sesuai tema
·         Peserta didik menyusun naskah pidato dengan jujur bukan hasil karya orang lain sesuai tema, pilihan kata yang sesuai dengan unggah-ungguh yang benar.
·         Peserta didik memberikan tanggapan hasil pidato yang disusun peserta didik yang lain sebagai upaya menghargai prestasi temannya.
Ø  Penugasan Terstruktur
·         Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan berkaiatan dengan tentang menulis wacana persuasi dalam bentuk wacana pidato.

Ø  Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur
·         Guru memberi tugas tak terstruktur untuk  menulis wacana persuasi dalam bentuk wacana pidato dengan tema yang telah ditentukan dalam waktu satu minggu.

·     Menentukan tema wacana persuasi
·     Menyusun kerangka karangan persuasi
·     Menulis wacana persuasi sesuai dengan tema
·     Menyusun naskah pidato dengan pemilihan kata yang sesuai dengan unggah-ungguh

Jenis tagihan:
·     Tugas individu

Bentuk instrumen:
·     Lisan
·     Menjodohkan
·     Uraian bebas

2 X 45
Sumber:
·     Pinterbasajawa.co.cc

·     Buku Memetri Basa Jawa Kelas XI
·     Damar Kelas XI (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KOTA SEMARANG)
·     Kamus Basa Jawa

Alat:
Laptop, LCD






Kompetensi Dasar

Materi   Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
(menit)
Sumber/
Bahan/Alat
8.2  Menulis parikan dan atau wangsalan

Menulis parikan dan atau wangsalan
Ø  Tatap Muka
·      Peserta didik mendengarkan tembang-tembang campursari yang memuat parikan dan wangsalan
·      Peserta didik secara kesadaran sendiri mengunkapkan parikan dan wangsalan yang terdapat dalam tembang campursari.
·      Peserta didik membaca naskah percakapan/dialog yang memuat parikan dan wangsalan
·      Peserta didik mengunkapkan parikan dan wangsalan yang terdapat dalam naskah percakapan/dialog tersebut.
·      Peserta didik mendengarkan penjelasan tentang parikan dan wangsalan
·      Peserta didik menulis kejadian sehari-hari dalam bentuk parikan atau wangsalan secara mandiri.
·      Peserta didik dengan disiplin dan jujur menyusun dialog dengan menggunakan parikan atau wangsalan.
·      Peserta didik dengan disiplin dan jujur menulis naskah pidato yang mengandung parikan atau wangsalan
·      Peserta didik mendengarkan penjelasan materi suplemen mengenai purwakanthi meliputi purwakanthi sastra, purwakanthi guru swara, dan purwakanthi lumaksita dan cangkriman.
Ø  Penugasan Terstruktur
·      Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal uraian berkaitan dengan wangsalan dan parikan
·      Peserta didik mengerjakan soal berkaitan dengan materi suplemen mengenai purwakanthi meliputi purwakanthi sastra, purwakanthi guru swara, dan purwakanthi lumaksita dan cangkriman.

Ø  Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur

·      Guru memberi tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang menulis parikan dan atau wansalan  dengan menulis menulis naskah pidato yang mengandung parikan atau wangsalan dan dikirim melalui email yuyundian@rocketmail.com
·         Menulis kejadian sehari-hari dalam bentuk parikan atau wangsalan
·         Menyusun dialog dengan menggunakan parikan atau wangsalan
·         Menulis naskah pidato yang mengandung parikan atau wangsalan
Jenis tagihan:
·     Tugas individu

Bentuk instrumen:
·     Jawaban singkat
·     Uraian bebas
·     Pilihan ganda

2 X 45
Sumber:
·     www.yuyunsaja.blogspot.com
·     Pinterbasajawa.co.cc
·     www.setyawara.tk
·     www.ki-demang.com
·     Buku Memetri Basa Jawa Kelas XI
·     Damar Kelas XI (MGMP BASA JAWA SMA DAN MA KOTA SEMARANG)
·     Kamus Basa Jawa

Alat:
Laptop, LCD






































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 MATERI SESORAH     Sesorah utawa tanggap wacana inggih punika ngandharaken gagasan utawi penggalihan kanthi tetembungan ingkang dipunucapak...