Selasa, 29 Januari 2013

SILABUS X-2


                                              SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama                           : SMK Bina Mandiri Rembang
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Kelas / semester          : X / 2 (dua)
Standar Kompetensi   : 5) Mendengarkan
                                      Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan non sastra berupa pengumuman , berita dan cerita

Kompetensi Dasar



Materi Pembelajaran


Kegiatan Pembelajaran


Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (Menit)

Sumber/ Bahan/ Alat


Pendidikan karakter
5.1Mendengarkan berita yang disampaikan melalui media elektronik
























Berita kebudayaan
Kegiatan Tatap Muka
·       Peserta didik secara mandiri mendengarkan berita
·       Peserta didik secara mandiri menyebutkan sumber berita
·       Peserta didik menulis pokok- pokok isi berita secara mandiri dan tidak terpengaruh oleh teman.
·       Peserta didik menyampaikan isi berita dalam ragam bahasa krama
·       Peserta didik dengan percaya diri menanggapi  isi berita yang didengar
·       Peserta didik memberikan komentar secara bergantian atas tanggapan yang diberikan peserta didik yang lain dengan penuh percaya diri.
·       Peserta didik menjawab pertanyaan lisan yang dikemukakan guru.
·       Peserta didik menyebutkan cara memperoleh data untuk menyusun berita.
·       Peserta didik menyusun kerangka berita
·       Peserta didik mengembangkan secara mandiri menjadi teks berita dengan ragam bahasa krama.

Kegiatan Terstruktur
·         Guru memberi tugas kepada peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan berita
Kegiatan Mandiri  Tidak Terstruktur
·         Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk mendengarkan berita  baik berita dari TV, RADIO maupun dari internet
·         Peserta didik menyusun berita dengan ragam bahasa karma dengan penuh percaya diri
·         Peserta didik mencatat sumber berita
·         Peserta didik memberikan tanggapan terhadap isi berita secara mandiri dan tidak terpengaruh oleh teman
·      Menyebutkan sumber berita
·      Menyebutkan pokok-pokok isi berita
·      Menyampaikan isi berita secara lisan dalam ragam bahasa krama dengan percaya diri.
·      Menanggapi (isi) berita yang disampaikan secara lisan dengan percaya diri.
·      Menyusun berita dengan topik yang lain dalam ragam bahasa krama secara mandiri.




§  Jenis tagihan
§ Tugas individu

§  Bentuk tagihan
§ Pertanyaan lisan
§ Uraian  bebas
§ Praktek tertulis
2 x 45
v Sumber
·   yuyunsaja.blogspot.com
·   www. tvborobodur.com
·   www.suaramerdeka.com
·   Buku Kabeh Seneng Basa Jawa I
·   Buku Basa Jawa Kelas X
·   Kalawarti Panyebar Semangat
v Bahan
·   Modul
·     LKS MGMP Bahasa Jawa KLS X
v Alat
·   Rekaman berita
·   Laptop
·   LCD





v Kemandirian
v Kepercayaandirian







Kompetensi Dasar



Materi Pembelajaran


Kegiatan Pembelajaran


Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (Menit)

Sumber/ Bahan/ Alat


Pendidikan karakter
5.2  Mendengarkan pembacaan cerkak yang disampaikan secara langsung atau rekaman








Cerkak
Kegiatan Tatap Muka
§  Peserta didik secara mandiri mendengarkan pembacaan cerkak
§  Peserta didik secara mandiri menyebutkan tema cerkak yang didengar.
§  Peserta didik secara mandiri menyebutkan tokoh dari cerkak yang didengar
§  Peserta didik secara mandiri menyebutkan setting dari cerkak yang didengar
§  Peserta didik dengan berani mengemukakan alasan penentuan setting secara lisan.
§  Peserta didik secara terbuka menanggapi pembacaan cerkak
(vokal, intonasi dan penghayatan )
§  Peserta didik menjelaskan unsur-unsur pembangun cerkak ( tema. latar, penokohan, alur, pesan, sudut pandang dan konflik dalam cerkak)
§  Peserta didik menuliskan rangkuman dengan ragam bahasa sendiri cerkak yang disimak secara mandiri
§  Peserta didik menceritakan kembali secara lisan cerkak yang didengar dengan penuh percaya diri.

Kegiatan Terstruktur
·     Guru memberi tugas kepada siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cerkak
Kegiatan Mandiri  Tidak Terstruktur
§  Guru memberi tugas tidak terstruktur mencari cerkak di majalah/ kalawarti/ internet
§  Peserta didik menjelaskan unsur-unsur pembangun cerkak ( tema. Latar, penokohan, alur, pesan, sudut pandang dan konflik dalam cerkak) secara logis dan kritis
§  Peserta didik menuliskan rangkuman dengan ragam bahasa sendiri cerkak yang disimak secara mandiri

·      Menyebutkan tema cerkak yang dibacakannya
·      Menyebutkan tokoh dari cerkak yang dibacakan
·      Menyebutkan setting dengan diberi contoh kalimat pendukungnya
·      Menjelaskan alur cerkak dengan disertai contoh kalimat pendukungnya
·      Menyebutkan amanat yang terkandung dalam cerkak yang disimak.
·      Menuliskan rangkuman dengan ragam bahasa sendiri/berbeda cerkak yang disimak secara mandiri
·      Menceritakan kembali secara lisan cerkak yang disimak dengan penuh percaya diri.
§  Jenis tagihan
§ Tugas individu
§  Bentuk Tagihan
§ Pertanyaan lisan
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda

2  X 45
§  Sumber :
·   yuyunsaja.blogspot.com
·   Kidemang.com
·   Forumbasajawasmpn1po.
blogspot.com
·   Supartobrata.com
·   Buku Kabeh Seneng Basa Jawa I
·   Buku Basa Jawa Kelas X
·   Kalawarti Panyebar Semangat
§  Bahan
·   Modul
·     LKS MGMP Bahasa Jawa
§  Alat :
·    Teks cerkak
·   Laptop
·   LCD

§  Kemandirian
§  Keterbukaan
§  keparcayaandirian
                           
                    












                                       SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

Nama                           : SMK Bina Mandiri Rembang
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Kelas / semester         : X / 2 (dua)
Standar Kompetensi    : 6)  Berbicara
                                      Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan nonsastra maupun sastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa.


Kompetensi Dasar



Materi Pembelajaran

       
        Kegiatan Pembelajaran


Indikator



Penilaian


Alokasi Waktu (Menit)


Sumber/ Bahan/ Alat


Pendidikan karakter
6.1  Menyampaikan informasi yang diperoleh melalui radio, televisi, atau internet

Informasi kebudayaan
Kegiatan Tatap Muka
§  Peserta didik secara terbuka menyebutkan secara lisan   sumber berita
§  Peserta didik secara mandiri menyebutkan secara lisan pokok-pokok isi berita
§  Peserta didik menyampaikan isi berita secara lisan dalam ragam bahasa krama
§  Peserta didik secara Komunikatif menanggapi isi berita yang disampaikan secara lisan
§  Peserta didik dengan komunikatif mengungkap kembali isi berita dengan ragam bahasa krama
§  Peserta secara mandiri didik menyusun draf berita
§  Peserta didik  secara mandiri menyusun berita dengan ragam bahasa krama

Kegiatan Terstruktur
§  Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan berita

Kegiatan  Mandiri Tak Terstruktur
·         Guru memberi  tugas tidak terstruktur sebagai pengayaan yaiku menyusun berita dengan ragam bahasa krama


§  Menyebutkan secara lisan   sumber berita
§  Menyebutkan secara lisan pokok-pokok isi berita
§  Menyampaikan isi berita secara lisan dalam ragam bahasa krama
§  Menanggapi isi berita yang disampaikan secara lisan
§  Mengungkap kembali isi berita dengan ragam bahasa krama dengan kreatif
§  Menyusun berita dengan ragam bahasa krama dengan percaya diri

§  Jenis Tagihan:
·   Praktek
·   Tugas indivudu
§  Bentuk instrumen:
·   Unjuk kerja
·   Jawaban singkat
·   Pilihan ganda
·   Format pengamatan
2  X 45
§  Sumber:
·   www. tvborobodur.com
·   www.suaramerdeka.com
·   Buku Basa Jawa  X
·   Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X ( Yudistira )
§  Bahan:
·   LKS  MGMP Bahasa Jawa
§  Alat:
·   Kaset rekaman  berita
·   Laptop
·   LCD

§  Komunikatif
§  Logis, kritis dan kreatif
§  Keterbukaan
§  Kepercayaandirian
§   

















Kompetensi Dasar



Materi Pembelajaran

       
        Kegiatan Pembelajaran


Indikator



Penilaian


Alokasi Waktu (Menit)


Sumber/ Bahan/ Alat


Pendidikan karakter
6. 2 Membahas atau mendiskusikan isi cerkak

      Cerkak

Kegiatan Tatap Muka
§  Guru memberi penjelasan tentang diskusi cerkak
§  Guru memberi contoh cerkak
§  Peserta didik dapat bekerjasama dalam  kelompoknya untuk mencari unsur – unsur pembangun cerkak
§  Peserta didik menyimpulkan isi cerkak.
§  Peserta didik menceritakan kembali secara lisan cerkak yang disimak dengan percaya diri

Kegiatan Terstruktur
·     Guru memberi tugas kepada siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cerkak
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
·     Guru memberi tugas mandiri tidak terstruktur  kepada siswa sebagai pengayaan yaiku menyimpulkan isi cerkak dengan menggunakan ragam bahasa Jawa


§  Menemukan unsur-unsur pembangun cerkak ( tema, latar, penokohan, alur, pesan, sudut pandang, dan konflik dalam cerkak) melalui diskusi
§  Menyimpulkan isi cerkak
§  Menceritakan kembali secara lisan cerkak yang disimak dengan percaya diri


§  Jenis Tagihan
·   Tugas Kelompok
§  Bentuk Instrumen
§ Pertanyaan lisan
§ Jawaban singkat
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda


4  X 45

§  Sumber :
·   Forumbahasajawasmpn1po.blogspot.com
·   Kidemang.com
·   Supartobrata.com
·   Buku Kabeh Seneng Basa Jawa I
·   Buku Basa Jawa Kelas X
·   Kalawarti Panyebar semangat
§  Bahan :
·    Modul
·     LKS MGMP Bahasa Jawa Kelas X
§  Alat :
·   Teks cerkak
·   Laptop
·   LCD

§  Kerjasama
§  kepercayaandirian

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama                           : SMK Bina Mandiri Rembang
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Kelas / semester          : X / 2 (dua)
Standar Kompetensi    : 7) Membaca
                                          Mampu membaca dan memahami  bacaan nonsastra maupun sastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan  berbagai keterampilan dan     teknik membaca.

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran


Indikator

Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)

Sumber/ Bahan/ Alat
Pendidikan karakter
7. 1 Membaca nyaring naskah berita
Membaca teks berita
Kegiatan Tatap Muka
·     Guru memberikan penjelasan cara-cara membaca nyaring
·     Guru bersama peserta didik mengadakan tanya jawab tentang membaca nyaring
·     Guru memberikan teks berita kepada peserta didik
·     Peserta didik secara mandiri membaca naskah berita dengan intonasi, lafal, dan irama yang tepat
·     Peserta didik merumuskan pokok-pokok isi berita
·     Peserta didik menceritakan kembali isi berita denagn bahasa sendiri dengan percaya diri
Kegiatan Terstruktur
·     Guru memberi tugas kepada siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan berita

Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur
·     Guru memberi tugas  mandiri tak terstruktur kepada siswa menceritakan kembali isi berita secara lisan dengan ragam bahasa Jawa
§  Merumuskan pokok-pokok isi berita
§  Membaca naskah berita dengan  lafal, intonasi, dan irama yang tepat dengan penuh percaya diri
§  Menceritakan kembali isi berita dengan bahasa sendiri dengan penuh percaya diri
§  Jenis Tagihan
·   Tugas Individu (tulis dan lisan )
§  Bentuk Tagihan
·   Praktek membaca tek berita
·   Pertanyaan lisan
·   Jawaban singkat
·   Pilihan ganda

4  X 45

§  Sumber :
·   yuyunsaja.blogspot.com
·   www. tvborobodur.com
·   www.suaramerdeka.com
·   Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X
·    Pemkot Basa Jawa Kelas XKalawarti Panyebar Semangat
§  Bahan :
·   Modul
·    LKS MGMP Bahasa Jawa kelas X
§  Alat :
·   Teks berita
·   Laptop
·   LCD
§  Kemandirian
§  kepercayaandirian




























Kompetensi Dasar


Materi Pembelajaran


Kegiatan Pembelajaran


Indikator

Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)

Sumber/ Bahan/ Alat

Pendidikan karakter
7. 2 Membaca nyaring cerkak
      Cerkak
Kegiatan Tatap Muka
·      Guru memberikan penjelasan dan  mengadakan tanya jawab cara-cara membaca nyaring cerkak
·     Peserta didik membaca teks cerkak dengan intonasi, lafal, dan irama yang tepat dengan berani dan penuh percaya diri
·     Peserta didik menemukan tema cerkak yang dibaca secara logis dan kritis
·     Peserta didik menemukan alur cerkak secara logis dan kritis
·     Peserta didik mengidentifikasi tokoh dan penokohan cerkak secara logis dan kritis
·     Peserta didik menemukan amanat yang terkandung dalam cerkak secara logis dan kritis
·     Peserta didik menyusun ringkasan cerkak secara mandiri

Kegiatan Terstruktur
·     Guru memberi tugas kepada siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cerkak
Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur
·     Guru memberi tugas  mandiri tak terstruktur kepada siswa menyusun pertanyaan berdasarkan isi cerkak yang di baca

§  Menemukan tema cerkak yang dibaca secara logis dan kritis
§  Menemukan alur cerkak secara logis dan kritis
§  Mengidentifikasi tokoh dan penokohan cerkak secara logis dan kritis
§  Menemukan amanat yang terkandung dalam cerkak secara logis dan kritis
§  Menyusun ringkasan cerkak secara mandiri
§  Menyusun pertanyaan berdasarkan isi cerkak secara mandiri
§  Jenis Tagihan
·   Tugas Individu (tulis dan lisan )
§  Bentuk Tagihan
·   Praktek membaca cerkak
·   Pertanyaan tertulis
·   Jawaban singkat
·   Pilihan ganda

2 X 45

§  Sumber :
·   yuyunsaja.blogspot.com
·   forumbasajawasmpn1po.
blogspot.com
·   yudhiapr.blogdetik.com
·   sastrajawi.blogspot.com
·   Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X
·    Pemkot Basa Jawa Kelas X
·   Klawarti Panyebar Semangat

§  Bahan :
·   Modul
·    LKS MGMP Bahasa Jawa kelas X
§  Alat :
·   Teks cerkak
·   Laptop
·   LCD
§  Kepercayaandirian
§  Logi, kritis dan kreatif
§  kemandirian























SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

Nama                           : SMK Bina Mandiri Rembang
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Kelas / semester          : X / 2 (dua)
Standar Kompetensi    : 8) Menulis
                                          Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa. 

Kompetensi Dasar


Materi Pembelajaran


Kegiatan Pembelajaran


Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (Menit)

Sumber/ Bahan/ Alat


Pendidikan karakter
8. 1 Menulis wacana eksposisi dalam bentuk naskah berita pendek

 Kabudayaan Jawa








Kegiatan Tatap Muka
§  Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang kesulitan peserta didik menuliskan wacana eksposisi.
§  Peserta didik menentukan  tema berita pendek dari naskah berita secara logis dan kritis
§  Peserta didik membuat kerangka wacana eksposisi berupa berita pendek secara mandiri
§  Peserta didik menulis berita dengan memperhatikan unsur-unsur penulisan berita secara mandiri
§  Peserta didik menulis wacana eksposisi berupa berita pendek berbahasa Jawa ragam ngoko secara mandiri
Kegiatan  Terstruktur
·     Guru memberi tugas kepada siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan wacan eksposisi
Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur
·     Guru memberi tugas  mandiri tak terstruktur kepada siswa Menulis wacana eksposisi berupa berita pendek berbahasa Jawa  ragam  krama
§  Menentukan tema berita pendek secara logis dan kritis
§  Membuat kerangka wacana eksposisi berupa berita pendek secara mandiri
§  Menulis wacana eksposisi berupa berita pendek berbahasa Jawa ragam ngoko secara mandiri
§  Menulis berita dengan memperhatikan unsur-unsur penulisan berita secara mandiri
§  Menulis wacana eksposisi berupa berita pendek berbahasa Jawa ragam krama secara mandiri
§  Jenis Tagihan
·   Tugas individu
§  Bentuk Tagihan
·   Praktek tertulis
·   Jawaban singkat
·   Uraian bebas
·   Pilihan ganda

       2 X 45

§  Sumber :
·   yuyunsaja.blogspot.com
·   yudhiapr.blogdetik.
com
·   sastrajawi.blogspot.com
·   Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X
·   Basa Jawa Kelas X
·   Kalawarti Panyebar Semangat
§  Bahan :
·   Modul
·   LKS MGMP Bahasa Jawa kelas X
§  Alat :
·   Teks wacana eksposisi
·   Laptop
·   LCD
§  Kemandirian
§  Logis,kritis dan kreatif























Kompetensi Dasar


Materi Pembelajaran


Kegiatan Pembelajaran


Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (Menit)

Sumber/ Bahan/ Alat


Pendidikan karakter
8. 2  Menulis wacana narasi dalam bentuk sinopsis cerkak
   Wacana narasi

Kegiatan Tatap Muka
·     Guru memberikan penjelasan tentang manfat menulis wacana narasi
·     Peserta didik menuliskan ciri-ciri wacana narasi secara mandiri
·     Pesertadidik mengidentifikasi ciri-ciri wacana narasi dari cerkak tersebut secara logis dan kritis
·     Peserta didik menentukan isi pokok cerkak secara mandiri dan kritis
·     Peserta didik menuliskan kembali isi cerkak dalam bentuk synopsis secara mandiri.
Kegiatan Terstruktur
·     Guru memberi tugas kepada siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan wacan narasi

Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
·     Guru memberi tugas  kepada siswa menuliskan kembali  wacana narasi dalam bentuk sinopsis cerkak
§  Mengidentifikasi ciri-ciri wacana narasi dari suatu cerkak secara logis dan kritis
§  Menuliskan ciri-ciri wacana narasi secara mandiri
§  Menentukan isi pokok cerkak secara mandiri dan kritis
§  Menuliskan kembali isi cerkak dalam bentuk sinopsis secara mandiri

§  Jenis Tagihan
·   Penilaian proses
·   Tugas Individu
§  Bentuk Tagihan
·   Praktek tertulis
·   Jawaban singkat
·   Uraian bebas
·   Pilihan ganda

2 X 45
§  Sumber :
·   yuyunsaja.blogspot.com
·   Kidemang.com
·   yudhiapr.blogdetik.
com
·   sastrajawi.blogspot.com
·   Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X
·    Basa Jawa Kelas X
§  Bahan :
·   Modul
·   LKS MGMP Bahasa Jawa kelas X
§  Alat
·   Teks cerkak
·   Contoh teks wacana narasi
·   Laptop
·   LCD

§  Kemandirian
§  Kritis, logis dan kreatif
                                       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 MATERI SESORAH     Sesorah utawa tanggap wacana inggih punika ngandharaken gagasan utawi penggalihan kanthi tetembungan ingkang dipunucapak...