SILABUS
DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK
Bina Mandiri Rembang
Mata Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas / semester : X / 2 (dua)
Standar
Kompetensi : 5) Mendengarkan
Mampu mendengarkan dan memahami serta
menanggapi berbagai ragam wacana lisan non sastra berupa pengumuman , berita
dan cerita
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
Pendidikan karakter
|
5.1Mendengarkan berita yang disampaikan
melalui media elektronik
|
Berita kebudayaan
|
Kegiatan Tatap Muka
· Peserta didik secara mandiri mendengarkan berita
· Peserta
didik secara mandiri menyebutkan sumber berita
· Peserta didik menulis pokok- pokok isi berita secara mandiri dan tidak terpengaruh
oleh teman.
· Peserta
didik menyampaikan isi berita dalam ragam bahasa krama
· Peserta didik dengan percaya
diri menanggapi isi berita yang didengar
· Peserta
didik memberikan komentar secara bergantian atas tanggapan yang diberikan
peserta didik yang lain dengan penuh percaya diri.
· Peserta
didik menjawab pertanyaan lisan yang dikemukakan guru.
· Peserta
didik menyebutkan cara memperoleh data untuk menyusun berita.
· Peserta
didik menyusun kerangka berita
· Peserta
didik mengembangkan secara mandiri menjadi teks berita dengan ragam
bahasa krama.
Kegiatan
Terstruktur
·
Guru memberi tugas kepada peserta didik
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan berita
Kegiatan Mandiri
Tidak Terstruktur
·
Guru
memberi tugas kepada peserta didik untuk mendengarkan berita baik berita dari TV, RADIO
maupun dari internet
·
Peserta didik menyusun berita dengan ragam
bahasa karma dengan penuh percaya diri
·
Peserta didik mencatat sumber berita
·
Peserta didik memberikan tanggapan terhadap
isi berita secara mandiri dan
tidak terpengaruh oleh teman
|
·
Menyebutkan sumber berita
·
Menyebutkan pokok-pokok isi berita
·
Menyampaikan
isi berita secara lisan dalam ragam bahasa krama dengan percaya diri.
·
Menanggapi
(isi) berita yang disampaikan secara lisan dengan percaya diri.
·
Menyusun
berita dengan topik yang lain dalam ragam bahasa krama secara mandiri.
|
§
Jenis
tagihan
§
Tugas individu
§
Bentuk
tagihan
§
Pertanyaan lisan
§
Uraian
bebas
§
Praktek tertulis
|
2 x 45
|
v Sumber
· yuyunsaja.blogspot.com
· www. tvborobodur.com
· www.suaramerdeka.com
· Buku Kabeh Seneng Basa Jawa I
· Buku Basa Jawa Kelas X
· Kalawarti Panyebar Semangat
v Bahan
·
Modul
·
LKS MGMP Bahasa Jawa KLS X
v
Alat
·
Rekaman berita
·
Laptop
·
LCD
|
v Kemandirian
v Kepercayaandirian
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
Pendidikan
karakter
|
5.2
Mendengarkan pembacaan cerkak yang disampaikan secara langsung
atau rekaman
|
Cerkak
|
Kegiatan Tatap Muka
§ Peserta didik secara mandiri mendengarkan
pembacaan cerkak
§ Peserta didik secara mandiri menyebutkan
tema cerkak yang didengar.
§ Peserta didik secara mandiri
menyebutkan tokoh dari cerkak yang didengar
§ Peserta didik secara mandiri
menyebutkan setting dari cerkak yang didengar
§ Peserta didik dengan berani mengemukakan
alasan penentuan setting secara lisan.
§ Peserta didik secara terbuka menanggapi
pembacaan cerkak
(vokal, intonasi dan penghayatan )
§ Peserta didik menjelaskan unsur-unsur
pembangun cerkak ( tema. latar, penokohan, alur, pesan, sudut pandang dan
konflik dalam cerkak)
§ Peserta
didik menuliskan rangkuman dengan
ragam bahasa sendiri cerkak yang disimak secara mandiri
§ Peserta didik menceritakan kembali
secara lisan cerkak yang didengar dengan penuh percaya diri.
Kegiatan Terstruktur
· Guru
memberi tugas kepada siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cerkak
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
§ Guru memberi tugas tidak terstruktur
mencari cerkak di majalah/ kalawarti/ internet
§ Peserta
didik menjelaskan unsur-unsur
pembangun cerkak ( tema. Latar, penokohan, alur, pesan, sudut pandang dan
konflik dalam cerkak) secara logis dan kritis
§ Peserta didik menuliskan rangkuman
dengan ragam bahasa sendiri cerkak yang disimak secara mandiri
|
·
Menyebutkan tema cerkak yang dibacakannya
·
Menyebutkan tokoh dari cerkak yang dibacakan
·
Menyebutkan setting dengan diberi contoh kalimat pendukungnya
·
Menjelaskan alur cerkak dengan disertai contoh kalimat pendukungnya
·
Menyebutkan amanat yang terkandung dalam cerkak yang disimak.
·
Menuliskan rangkuman dengan ragam bahasa sendiri/berbeda cerkak yang disimak secara
mandiri
·
Menceritakan kembali secara lisan cerkak yang disimak dengan penuh percaya diri.
|
§
Jenis tagihan
§
Tugas individu
§
Bentuk Tagihan
§
Pertanyaan lisan
§
Uraian bebas
§
Pilihan ganda
|
2 X 45
|
§ Sumber :
· yuyunsaja.blogspot.com
· Kidemang.com
· Forumbasajawasmpn1po.
blogspot.com
· Supartobrata.com
· Buku Kabeh Seneng Basa Jawa I
· Buku Basa Jawa Kelas X
· Kalawarti Panyebar Semangat
§ Bahan
·
Modul
·
LKS MGMP Bahasa Jawa
§ Alat :
· Teks cerkak
· Laptop
· LCD
|
§ Kemandirian
§ Keterbukaan
§ keparcayaandirian
|
SILABUS
DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK
Bina Mandiri Rembang
Mata Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas / semester : X / 2
(dua)
Standar
Kompetensi : 6)
Berbicara
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan nonsastra
maupun sastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa
Jawa.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
Pendidikan
karakter
|
6.1
Menyampaikan informasi yang diperoleh melalui radio, televisi, atau
internet
|
Informasi
kebudayaan
|
Kegiatan
Tatap Muka
§ Peserta didik secara terbuka
menyebutkan secara lisan sumber berita
§ Peserta didik secara mandiri menyebutkan
secara lisan pokok-pokok isi berita
§ Peserta didik menyampaikan isi berita
secara lisan dalam ragam bahasa krama
§ Peserta didik secara Komunikatif menanggapi
isi berita yang disampaikan secara lisan
§ Peserta didik dengan komunikatif mengungkap
kembali isi berita dengan ragam bahasa krama
§ Peserta secara mandiri didik
menyusun draf berita
§ Peserta didik secara mandiri menyusun berita dengan
ragam bahasa krama
Kegiatan Terstruktur
§ Guru memberi tugas kepada peserta didik
untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan berita
Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur
·
Guru memberi
tugas tidak terstruktur
sebagai pengayaan yaiku menyusun berita dengan ragam bahasa krama
|
§ Menyebutkan secara lisan sumber berita
§ Menyebutkan secara lisan pokok-pokok isi
berita
§ Menyampaikan isi berita secara lisan
dalam ragam bahasa krama
§ Menanggapi isi berita yang disampaikan
secara lisan
§ Mengungkap kembali isi berita dengan
ragam bahasa krama dengan kreatif
§ Menyusun berita dengan ragam bahasa
krama dengan percaya diri
|
§
Jenis Tagihan:
· Praktek
·
Tugas
indivudu
§
Bentuk instrumen:
· Unjuk kerja
· Jawaban singkat
· Pilihan ganda
·
Format
pengamatan
|
2 X 45
|
§
Sumber:
· www. tvborobodur.com
· www.suaramerdeka.com
· Buku Basa Jawa X
· Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X (
Yudistira )
§
Bahan:
· LKS MGMP Bahasa Jawa
§
Alat:
· Kaset rekaman berita
· Laptop
· LCD
|
§
Komunikatif
§
Logis, kritis dan kreatif
§
Keterbukaan
§
Kepercayaandirian
§
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
Pendidikan
karakter
|
6. 2 Membahas atau mendiskusikan isi cerkak
|
Cerkak
|
Kegiatan Tatap Muka
§ Guru memberi penjelasan tentang diskusi
cerkak
§ Guru memberi contoh cerkak
§ Peserta didik dapat
bekerjasama dalam kelompoknya untuk
mencari unsur – unsur pembangun cerkak
§ Peserta didik menyimpulkan isi cerkak.
§ Peserta didik menceritakan kembali
secara lisan cerkak yang disimak dengan percaya diri
Kegiatan Terstruktur
· Guru
memberi tugas kepada siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cerkak
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
· Guru
memberi tugas mandiri tidak terstruktur
kepada siswa sebagai pengayaan yaiku menyimpulkan isi cerkak dengan
menggunakan ragam bahasa Jawa
|
§ Menemukan unsur-unsur pembangun cerkak (
tema, latar, penokohan, alur, pesan, sudut pandang, dan konflik dalam cerkak)
melalui diskusi
§ Menyimpulkan isi cerkak
§ Menceritakan kembali secara lisan cerkak
yang disimak dengan percaya diri
|
§
Jenis Tagihan
·
Tugas Kelompok
§
Bentuk Instrumen
§
Pertanyaan lisan
§
Jawaban singkat
§
Uraian bebas
§
Pilihan ganda
|
4 X 45
|
§ Sumber :
· Forumbahasajawasmpn1po.blogspot.com
· Kidemang.com
· Supartobrata.com
· Buku Kabeh Seneng Basa Jawa I
· Buku Basa Jawa Kelas X
· Kalawarti Panyebar semangat
§
Bahan :
·
Modul
·
LKS MGMP Bahasa Jawa Kelas X
§ Alat
:
·
Teks cerkak
·
Laptop
·
LCD
|
§
Kerjasama
§
kepercayaandirian
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK
Bina Mandiri Rembang
Mata Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas / semester : X / 2
(dua)
Standar
Kompetensi : 7) Membaca
Mampu
membaca dan memahami bacaan nonsastra
maupun sastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan berbagai keterampilan dan teknik membaca.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
Pendidikan
karakter
|
7. 1 Membaca nyaring naskah berita
|
Membaca teks berita
|
Kegiatan Tatap Muka
· Guru
memberikan penjelasan cara-cara membaca nyaring
· Guru
bersama peserta didik mengadakan tanya jawab tentang membaca nyaring
· Guru
memberikan teks berita kepada peserta didik
· Peserta
didik secara mandiri membaca naskah berita dengan intonasi, lafal, dan
irama yang tepat
· Peserta
didik merumuskan pokok-pokok isi berita
· Peserta
didik menceritakan kembali isi berita denagn bahasa sendiri dengan percaya
diri
Kegiatan Terstruktur
· Guru
memberi tugas kepada siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan berita
Kegiatan Mandiri Tak
Terstruktur
· Guru
memberi tugas mandiri tak terstruktur
kepada siswa menceritakan kembali isi berita secara lisan dengan ragam bahasa
Jawa
|
§
Merumuskan pokok-pokok isi berita
§
Membaca naskah berita dengan lafal, intonasi, dan irama yang tepat dengan
penuh percaya diri
§
Menceritakan kembali isi berita dengan bahasa
sendiri dengan penuh percaya diri
|
§
Jenis Tagihan
· Tugas Individu (tulis dan lisan )
§
Bentuk Tagihan
·
Praktek membaca tek berita
·
Pertanyaan lisan
·
Jawaban singkat
·
Pilihan ganda
|
4 X 45
|
§ Sumber :
· yuyunsaja.blogspot.com
· www. tvborobodur.com
· www.suaramerdeka.com
· Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X
· Pemkot
Basa Jawa Kelas XKalawarti Panyebar Semangat
§
Bahan :
·
Modul
·
LKS MGMP Bahasa Jawa kelas X
§ Alat
:
·
Teks berita
·
Laptop
·
LCD
|
§ Kemandirian
§ kepercayaandirian
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
Pendidikan
karakter
|
7. 2 Membaca nyaring cerkak
|
Cerkak
|
Kegiatan Tatap Muka
· Guru memberikan penjelasan dan mengadakan tanya jawab cara-cara membaca
nyaring cerkak
· Peserta
didik membaca teks cerkak dengan intonasi, lafal, dan irama yang tepat dengan
berani dan penuh percaya diri
· Peserta
didik menemukan tema cerkak yang dibaca secara logis dan kritis
· Peserta
didik menemukan alur cerkak secara logis dan kritis
· Peserta
didik mengidentifikasi tokoh dan penokohan cerkak secara logis dan kritis
· Peserta
didik menemukan amanat yang terkandung dalam cerkak secara logis dan
kritis
· Peserta
didik menyusun ringkasan cerkak secara mandiri
Kegiatan Terstruktur
· Guru
memberi tugas kepada siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cerkak
Kegiatan Mandiri Tak
Terstruktur
· Guru
memberi tugas mandiri tak terstruktur
kepada siswa menyusun pertanyaan berdasarkan isi cerkak yang di baca
|
§
Menemukan tema cerkak yang dibaca secara
logis dan kritis
§
Menemukan alur cerkak secara logis dan
kritis
§
Mengidentifikasi tokoh dan penokohan cerkak secara
logis dan kritis
§
Menemukan amanat yang terkandung dalam cerkak secara
logis dan kritis
§
Menyusun ringkasan cerkak secara mandiri
§
Menyusun pertanyaan berdasarkan isi cerkak
secara mandiri
|
§
Jenis Tagihan
· Tugas Individu (tulis dan lisan )
§
Bentuk Tagihan
·
Praktek membaca cerkak
·
Pertanyaan tertulis
·
Jawaban singkat
·
Pilihan ganda
|
2 X 45
|
§ Sumber :
· yuyunsaja.blogspot.com
· forumbasajawasmpn1po.
blogspot.com
· yudhiapr.blogdetik.com
· sastrajawi.blogspot.com
· Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X
· Pemkot
Basa Jawa Kelas X
· Klawarti
Panyebar Semangat
§
Bahan :
·
Modul
·
LKS MGMP Bahasa Jawa kelas X
§ Alat
:
·
Teks cerkak
·
Laptop
·
LCD
|
§
Kepercayaandirian
§
Logi, kritis dan kreatif
§ kemandirian
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama : SMK
Bina Mandiri Rembang
Mata Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas / semester : X / 2
(dua)
Standar
Kompetensi : 8) Menulis
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis
karangan sastra maupun nonsastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai
dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
Pendidikan
karakter
|
8. 1 Menulis wacana eksposisi dalam bentuk
naskah berita pendek
|
Kabudayaan Jawa
|
Kegiatan Tatap Muka
§ Guru dan peserta didik bertanya jawab
tentang kesulitan peserta didik menuliskan wacana eksposisi.
§ Peserta didik menentukan tema berita pendek dari naskah berita secara
logis dan kritis
§ Peserta didik membuat kerangka wacana
eksposisi berupa berita pendek secara mandiri
§ Peserta didik menulis berita dengan
memperhatikan unsur-unsur penulisan berita secara mandiri
§ Peserta didik menulis wacana eksposisi
berupa berita pendek berbahasa Jawa ragam ngoko secara mandiri
Kegiatan Terstruktur
· Guru
memberi tugas kepada siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan wacan
eksposisi
Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur
· Guru
memberi tugas mandiri tak terstruktur
kepada siswa Menulis wacana
eksposisi berupa berita pendek berbahasa Jawa
ragam krama
|
§ Menentukan tema berita pendek secara
logis dan kritis
§ Membuat kerangka wacana eksposisi berupa
berita pendek secara mandiri
§ Menulis wacana eksposisi berupa berita
pendek berbahasa Jawa ragam ngoko secara mandiri
§ Menulis berita dengan memperhatikan
unsur-unsur penulisan berita secara mandiri
§ Menulis wacana eksposisi berupa berita
pendek berbahasa Jawa ragam krama secara mandiri
|
§
Jenis Tagihan
·
Tugas individu
§
Bentuk Tagihan
·
Praktek tertulis
·
Jawaban singkat
·
Uraian bebas
·
Pilihan ganda
|
2 X 45
|
§ Sumber :
· yuyunsaja.blogspot.com
· yudhiapr.blogdetik.
com
· sastrajawi.blogspot.com
· Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X
· Basa
Jawa Kelas X
· Kalawarti
Panyebar Semangat
§
Bahan :
·
Modul
·
LKS MGMP Bahasa Jawa kelas X
§ Alat
:
· Teks
wacana eksposisi
·
Laptop
· LCD
|
§ Kemandirian
§ Logis,kritis dan kreatif
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
Pendidikan
karakter
|
8. 2 Menulis wacana narasi dalam bentuk sinopsis cerkak
|
Wacana narasi
|
Kegiatan Tatap Muka
· Guru
memberikan penjelasan tentang manfat menulis wacana narasi
· Peserta
didik menuliskan ciri-ciri wacana narasi secara mandiri
· Pesertadidik
mengidentifikasi ciri-ciri wacana narasi dari cerkak tersebut secara logis
dan kritis
· Peserta
didik menentukan isi pokok cerkak secara mandiri dan kritis
· Peserta
didik menuliskan kembali isi cerkak dalam bentuk synopsis secara mandiri.
Kegiatan Terstruktur
· Guru
memberi tugas kepada siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan wacan
narasi
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
· Guru
memberi tugas kepada siswa menuliskan kembali wacana narasi dalam bentuk sinopsis cerkak
|
§ Mengidentifikasi ciri-ciri wacana narasi
dari suatu cerkak secara logis dan kritis
§ Menuliskan ciri-ciri wacana narasi secara
mandiri
§ Menentukan isi pokok cerkak secara
mandiri dan kritis
§
Menuliskan
kembali isi cerkak dalam bentuk sinopsis secara mandiri
|
§
Jenis Tagihan
·
Penilaian
proses
·
Tugas
Individu
§
Bentuk Tagihan
·
Praktek tertulis
·
Jawaban singkat
·
Uraian bebas
·
Pilihan ganda
|
2
X 45
|
§ Sumber :
· yuyunsaja.blogspot.com
· Kidemang.com
· yudhiapr.blogdetik.
com
· sastrajawi.blogspot.com
· Buku Kabeh Seneng Basa Jawa X
· Basa
Jawa Kelas X
§
Bahan :
·
Modul
·
LKS MGMP Bahasa Jawa kelas X
§ Alat
·
Teks cerkak
·
Contoh teks wacana narasi
·
Laptop
·
LCD
|
§ Kemandirian
§ Kritis,
logis dan kreatif
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar